Selasa, 12 Februari 2013

Cara Setting Domain IDwebhost ke Blogspot

,
Cara setting domain di IDWebhost ke blogspot tidaklah terlalu sulit. Mengatur settingan domain di IDwebhost sesungguhnya sangat mudah, bahkan bisa dibilang inilah cara setting domain yang paling mudah karena pihak ID webhost sendiri sudah mengupayakan banyak cara untuk memudahkan konsumennya.

Jika anda ingin menghilangkan nama blogspot.com di belakang blog anda. Maka caranya pertama anda harus membeli domain dulu. kalau sudah membeli domain (khususnya) di IDwebhost dan ingin mengubah blogspot anda menjadi .com atau domain yang sudah anda beli, berikut cara mengubah atau setting domain ke blogger atau blogspot anda secara manual. Hal ini harus anda perhatikan jika anda ingin setting sendiri. berikut caranya, untuk cara terbaru 2013 klik cara setting domain IDwebhost ke blogger terbaru.
  1. Masuk dan loggin di http://idwebhost.com/manage dengan menggunakan email dan pasword yang sudah anda dapatkan setelah memebeli domain.

  2. cara setting domain ke blogspot idwebhost

  3. Kalau sudah, pada halaman depan terdapat 3 pilihan. Tugas anda adalah memilih Manage DNS, kalaupun belum ada biasanya tulisanya Aktifkan DNS, jadi anda hanya perlu mengaktifkannya lebih dulu. Kalau masih Buy DNS, berarti anda perlu menghubungi pihak IDwebhost.com.

  4. cara setting domain ke blogspot idwebhost

  5. Setelah itu, setting CNAME  persis seperti pada gambar. Hostname, isikan nama domainmu tanpa www daN Destination IP isi dengan 216.239.34.21 lalu klik save cange(s).

  6. cara setting domain ke blogspot idwebhost

  7. Sambil menunggu save CNAMe anda, buka blogspot anda dan masuk ke Setelan --> Dasar lalu klik "+Tambahkan domain khusus" seperti pada gambar.

  8. cara setting domain ke blogspot idwebhost

  9. Akan muncul tampilan seperti pada gambar. Klik saja "Alihkan ke setelan lanjut".



  10. Isikan setelan lanjutan dengan nama domain anda dengan menggunakan awalan www. perlu diingat harus menggunakan www seperti pada gambar, lalu klik "Simpan".

  11. cara setting domain ke blogspot idwebhost

  12. Akan tampak seperti pada gambar. Yang perlu anda lakukan adalah mencatat kode verivikasi di depan (yang pendek) dan yang belakang (yang panjang). Untuk lebih jelas lihat pada gambar:

  13. cara setting domain ke blogspot idwebhost
  14. Sampai di sini, masuklah kembali ke manage IDwebhost anda. Kini saatnya untu setting CNAME.
cara setting domain ke blogspot idwebhost
  • Pada CNAME RECORD yang pertama, isikan Host Name dengan www dan Value isi dengan ghs.google.com. 
  • Pada CNAME RECORD yang kedua, isikan Host Name dengan kode verivikasi pertama yang sudah anda catat tadi. Pada Value, isikan dengan kode verivikasi kedua (yang panjang). Untuk lebih jelas lihat gambar. Lalu klik save cange(s).
  • Pada CNAME RECORD yang pertama, isikan Host Name dengan www dan Value isi dengan ghs.google.com. 
Nah, setelah tahap ini selesai, biasanya anda akan disuruh untuk menunggu selama kurang lebih 1x12 jam untuk reserfasi pengarahan domaian ke blogger anda, jadi tunggu aja dulu. Kalo sudah, silahkan ulangi kembali langkah no 4 sampai 6. Biasanya kalo berhasil pada langkah ke 7 akan langsung berhasil dan tanpa pesan error. jangan lupa untuk mencontreng tanda pengalihan tanpa www ajar doamain anda tetap bisa diakses tanpa www.

Begitulan cara setting domain secara manual di IDwebhost. Kalau ingin cara termudahnya, sebenarnya anda tinggal menghubungi pihak IDwebhost melalui Yahoo Masanggernya dan biasanya akan langsung di settingkan dari sana. Semoga bermanfaat :)
Ditulis oleh: Nicko Rh

4 komentar:

  1. Trims ni mas.. Pke tutorial ini saya berhasil ganti domain dari idwebhost... Thanks ya, mampir juga ya ke www.bigwiyoga.com

    BalasHapus

Pengunjung yang baik selalu meninggalkan jejak :)