Senin, 04 Februari 2013

Proposal Pengembangan Perpustakaan

,
Berikul adalah contoh proposal surat pengembangan perpustakaan. Pengembangan perpustakaan dilakukan guna memenuhi sarana prasarana, fasislitas, serta tata kelola perpustkaan. Jika anda diminta untuk membuat proposal pengembangan perpustakaan atau mengadakan pengembangan buku perpustakaan maka anda bisa  mendonwload document berikut.

Proposal pengembangan perpustakaan dapat anda download langsung dg cara klik DISINI. Paswordnya: nikyuero.blogspot.com
Semoga contoh proposal pengembangan perpustakaan ini bermanfaat bagi anda. Informasi sedikit, proposal pengembangan perpustakaan ini saya dapatkan pada saat mata kuliah menegement perpustakaan. Berikut sedikit review dari proposal pengembangan perpustakaan yang saya buat:



PROPOSAL PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN
MA AL-MUTTAQIEN PANCASILA SAKTI KLATEN

I. Dasar Pemikiran
Perpustakaan Madrasah adalah perpustakaan yang tergabung pada sebuah sekolah, dikelola sepenuhnya oleh Madrasah yang bersangkutan dengan tujuan usaha membantu Madrasah untuk mencapai tujuan khusus Madrasah dan tujuan pendidikan pada umumnya. Di samping itu dalam penjelasan Undang-undang Pendidikan Nasional kita, di sebutkan bahwa salah satu sumber belajar di Madrasah yang amat penting tetapi bukan satu satunya adalah perpustakaan. Sebagai salah satu sumber belajar di Madrasah perpustakaan membantu tercapainya misi dan visi Madrasah tersebut. Mengingat pentingnya peran perpustakaan Madrasah maka perlu adanya suatu pengelolaan atau manajemen yang tepat  dan cepat sehingga fungsi perpustakaan Madrasah benar-benar terwujud. Namun masalahnya sekarang adalah tidak sedikit perpustakaan Madrasah yang pengelolaannya masih kurang profesional. Kalaupun sudah baik, bagaimana perpustakaan Madrasah mampu memenuhi kebutuhan penggunanya akan berbagai  pengetahuan dan informasi secara mudah dan cepat di era globalisasi ini. Untuk itu diperlukan suatu sistem informasi managemen perpustakaan (SIM Perpus) dengan memanfaatkan komputer. Akan tetapi para pengelola perpustakaan terutama kepala Madrasah sebagai stake holder di Madrasah belum mampu mewujudkan perpustakaan Madrasah yang berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi ( TIK ) dengan menggunakan SIM Perpustakaan.


Perpustakaan sebagai jantung sebuah lembaga pendidikan, sudah selayaknya mendapatkan porsi dan posisi yang strategis guna merealisasikan visi dan misi sekolah. Semua pihak, khususnya kepala Madrasah harus memberi perhatian lebih akan eksistensi perpustakaan di sekolah, dan tidak lagi dianggap sebagai tempat menyimpan buku bekas, barang-barang tidak terpakai, bahkan tempat bermain saat tidak ada KBM. Hal ini tentu sangat ironis dan tidak mendidik.

Berkembangnya ilmu pengetahuan membuat perpustakaan harus lebih aktif dan peka terhadap kebutuhan para pemakai khususnya siswa  pada MA Al-Muttaqien Pancasila Sakti Klaten. Dan diharapkan dengan berkembangnya ilmu pengetahuan membuat perpustakaan menjadi tempat yang ideal bagi para siswa dalam penelusuran informasi sesuai dengan kebutuhan disiplin ilmunya masing-masing serta di fasilitasi dengan kebutuhan perpustakaan 
Ditulis oleh: Nicko Rh

1 komentar:

Pengunjung yang baik selalu meninggalkan jejak :)