Jumat, 12 April 2013

Sejarah Karate di Indonesia

,
Sejarah karate di Indonesia. Masuknya bela diri karate di indonesia sebagian besar dibawa oleh para mahasiswa Indonesia yang kuliah di jepang pasca kemerdekaan RI, sekitar tahun 1964 beberapa mahasiswa kembali ke Indonesia, dan pada saat itulah karate mulai dikenal di Indonesia sehingga beberapa saat kemudian berdirilah PORKI (Persatuan Karate-Do Indonesia) yang didirikan oleh Drs. Baud. A.D. Adikusumo (Alm). Beliau adalah seorang karateka yang mendapat sabuk hitam dari M. Nakayama.

Sejarah Karate di Indonesia
Foto Karate di UKM INKAI UIN Sunan Kalijaga

Aliran Shotokan yang berkembang di Indonesia antara lain adalan INKADO yang dipelopori oleh Drs. Baud. A.D. Adikusumo, INKAI yang dipelopori oleh Sabeth Muhksih, LEMKARI yang dipelopori oleh Anton Lesiangi, namun pada tahun 2005 Lemkari mempunyai konflik internal sehingga menimbulkan perpecahan dalam tubuh Lemkari dan pendiri INKAINAS (Institut Karate-Do Nasional) yang merupakan peleburan dari perguruan MKC (Medan Karate Club) dan sekarang keduanya sama – sama berkembang dan mewarnai laju karate Indonesia. Dan bahkan beberapa lembaga karate lainnya banyak bermunculan seiring dengan berjalannya waktu.

Selain aliran Shotokan yang populer di Indonesia ternyata juga banyak aliran lain yang juga ikut andil dalam perkembangan Karate Indonesia, antara lain yaitu WADOKAI (Wado-ryu  Karate-Do Indonesia) yang didirikan oleh Bpk. C.A. Taman, KKI (Kushin-ryu Matsuzaki  Karatedo Indonesia) yang didirikan oleh Matsuzaki Horyu. Selain itu juga ada Bpk. Setyo Haryono dan beberapa tokoh lainnya membawa aliran Kyokushin.

Aliran Shito-ryu juga tumbuh di Indonesia dibawah perguruan GABDIKA Shitoryu (dengan tokohnya Dr. Markus Basuki) dan SHINDOKA (dengan tokohnya Bpk. Bert Lengkong). Selain aliran-aliran yang bersumber dari jepang diatas, ada juga beberapa aliran Karate di Indonesia yang dikembangkan oleh putra-putra bangsa Indonesia sendiri, sehingga menjadi independent dan tidak terikat dengan aturan dari Hombu Dojo (Dojo Pusat) di negeri Jepang.

Ditulis oleh: Nicko Rh

0 komentar to “Sejarah Karate di Indonesia”

Posting Komentar

Pengunjung yang baik selalu meninggalkan jejak :)