Jumat, 10 Mei 2013

4 Tools Wajib untuk para Blogger

,
Tools wajib untuk blogger berikut adalah versi saya sendiri berdasarkan pengamatan dan pengalaman selama ini berkecimpung di dunia blogger. Walaupun saya masih tergolong newbe dalam dunia pembloggeran, tapi rasanya tidak salah untuk berbagi sedikit ilmu yang saya miliki. Saya sangat senang jika ada para master yang bisa menambahkan tools atau aplikasi yang berguna bagi para pengguna blogger.

Berikut adalah tools atau aplikasi yang wajib ada pada browser para blogger:

1. Firebug
logo firebug
Firebug adalah alat pengembang web yang memungkinan pembetulan bug, penyuntingan, dan pengawasan terhadap CSS, HTML, DOM, XHR, dan JavaScript; alat ini juga menyediakan alat pengembangan web (wikipedia.com). Siapa blogger yang tak kenal dengan tool dengan lambang serangga ini? Untuk para blogger yang doyan utak atik tampilan pasti tidak asing lagi. Bagi saya sendiri, dengan firebug saya bisa mengetahui kode HTML, CSS, dan lain sebagainya, merubah warna, mengatur ukuran, serta menyisipkan kode2 yang ingin ditambahkan. Aplikasi ini sebaiknya di instal di mozilla karena ada sedikit perbedaan dengan chrome, untuk menginstal aplikasi ini, klik DISINI (untuk chrome) atau DISINI (untuk mozilla)

2. Alexa Toolbar
Bagi para blogger yang memburu traffict pengunjung, alexa toolbar sangat penting adanya. Anda bisa lihat di beberapa blog yang memburu traffict, pasti disana terpasang widget alexa, termasuk blog ini. Alexa traffict berguna untuk memantau traffict pengunjung yang masuk ke blog kita, semakin kecil nilai alexa traffict maka semakin terlihat pula bahwa blog tersebut banyak dikunjungi. Jika alexa traffict kecil, pengunjung yang melihat akan mengetahui bahwa blog tersebut bukan blog baru atau buatan kemarin sore. Dengan memasang alexa toolbar di browser, kita bisa membantu merampingkan traffict blog kita maupun blog sobat blogger yang lain. Untuk menginstalnya, klik CHROME atau MOZILLA.

3. PageRank Status
PageRank Status berguna untuk memantau Rank atau rangkin suatu blog. Semakin tinggi rangking blog, seakin tinggi pula populariras dan wibawa blog tersebut. Karena, untuk mencapai rank yang tinggi diperlukan usaha keras agar blog tersebut disukai dan dicari banyak orang. Dengan Pagerank Status kita juga bisa melihat berbagai info dari blog tersebut. Misalnya kata kunci yang dikejar, meta description, dlsb. Kita juga bisa melihat Page Speed atau kecepatan loading blog. Tentu, semakin ringan suatu blog akan semakin disukai pengunjung dan juga mesin pencari. Untuk menginstalnya klik CHROME atau MOZILLA.

4. SEO for Chrome
SEO For Chrome, dari namanya saja kita bisa tahu bahwa tool ini digunakan untuk para blogger yang mengejar SEO (Search Engine Optimization) atau memaksimalkan onepage. Salah satu cara bagi para blogger yang "bermain" SEO adalah dengan berburu backlink. Nah, tools ini berfungsi untuk memantau suatu blog apakah blog tersebut dofollow atau nofollow. Jika dofollow, langsung aja tempelin tuh dengan link kita. Blog tersebut juga dapat memantau, apakah terdapat link keluar pada blog kita yang masih dofollow? kalo masi dofollow, lekas saja di hapus atau ubah dengan atribut nofollow atau link keluar tersebut siap membebani langkah blog kita untuk menuju onepage. Untuk menginstalnya, klik CHROME atau MOZILLA.

Demikian artikel saya mengenai berbagai tools wajib untuk para blogger. Saya sangat senang jika anda ingin menambahkan untuk membuka wawasan dan pengetahuan bagi para blogger lain. Demikian semoga bermanfaat, jangan lupa berkomentar. Salam Blogger!
Ditulis oleh: Nicko Rh

8 komentar:

  1. Terima kasih gan atas infonya. manfaat banget untuk para blogger

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada pandangan lain mungkin gan? hehe..

      Hapus
  2. Wah bener2 baru tau. Saya mah nge-blog teh taunya ngepost aja. Makasih mas infonya ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih udah berkunjung sist... ^^

      Hapus
  3. di chrome saya kok jadi berat dengan widget-widget di atas gan,,mohon solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harusnya tidak berpengaruh besar pada browser anda karena addons ukurannya sangat kecil..

      Hapus
  4. coba hapus aja riwayatnya terus hapus semuanya gan.. mungki bisa mengurangi beban chrome anda..

    BalasHapus
  5. terimakasih mas Nicko bermanfaat

    BalasHapus

Pengunjung yang baik selalu meninggalkan jejak :)