Sabtu, 04 Mei 2013

Membuat Efek Lampu Sorot Powerpoint

,
Membuat efek lampu sorot agar tampilan slide powerpoint menjadi lebih menarik. Ada banyak cara untuk menjadikan prentasi power point kita menjadi menarik. Salah satunya adalah dengan menggunakan efek lampu sorot. Dengan cara ini, slide seolah - olah adalah bidang gelap yang kemudian disinari dengan lampu sorot sebagai penerangnya. Efek seperti ini bisa anda jadikan sebagai pemanis pada bagian awal atau akhir slide. Untuk melihat contoh hasilnya klik DISINI.

Membuat Efek Lampu Sorot Powerpoint

Sebelum membuatnya, yang perlu anda siapkan adalah background powerpoint warna putih yang bisa anda cari di google, dan beberapa gambar penghias. Berikut langkah - langkah pembuatan efek lampu sorot pada powerpoint:
  1. Siapkan satu buah slide yang akan anda beri efek lampu sorot, lalu berikan kata - kata yang ingin anda masukkan (Gunakan warna hitam). Bisa berupa ucapan selamat datang, judul presentasi yang anda buat, atau judul pelajaran jika powerpoint anda gunakan sebagai media pembelajaran, atau salam penutup jika anda buat di akhir slide.
  2. Buat sebuat lingkaran dengan cara: Insert --> Shapes ---> Oval. Kemudial klik kanan lingkarang tersebut dan atur format shapes sehigga warnanya menjadi putih dan hilangkan garis lingkaran.
  3. Arahkan mouse anda pada tulisan atau katan - kata yang telah anda buat tadi sehingga muncul tanda panah 4 arah, klik kanan dan pilih Bring to front agar tulisan tidak berada di belakang lingkaran.
  4. Atur warna background anda menjadi warna hitam dengan cara klik kanan pada slide, pilih format background. Ingat, cukup langsung klik clouse, jangan aply to all.
  5. Saatnya pemberian efek, klik animations --> Costum animation. Pertama, berikan effect lingkaran putih dengan Motions Paths --> Draw Custom Paths --> Curve. Arahkan lingkaran pada bagian yang ingin anda sorot, dan buatlah semenarik mungkin. Atur timingnya minimal 12 seconds agar gerakannya tidak terlalu cepat.
  6. Masukkan backgroun powerpoint warna putih yang telah anda siapkan sebelumnya, dan beri effect Entrance --> Fade sebagai efek penutup.
  7. Anda juga bisa menambahkan berbagai penghias seperti gambar korek api (dalam contoh), lampu neon, senter, api, laser, dsb.
Demikian cara membuat efek lampu sorot powerpoint agar lebih menarik. Simak terus blog nikyuero.blogspot.com yang akan terus update tutorial dan trik membuat powerpoint menjadi lebih menarik. Semoga bermanfaat.
Ditulis oleh: Nicko Rh

2 komentar:

Pengunjung yang baik selalu meninggalkan jejak :)