Rabu, 17 Juli 2013

Menulis Huruf Jawa di MS.Word

,
Sebagai generasa penerus bangsa yang cinta akan tanah airnya, tentunya kita harus melestarikan kebudayaan daerah kita masing - masing. Sebagai orang yang lahir di tanah jawa, terutama di Yogyakarta, Jawa tengah, Jawa Timur, dan sekitarnya kita harus pintar untuk mempertahankan budaya tanah kelahiran (nguri uri kabudayan). Ironis sekali jika generasi penerus kita, anak2 yang lair di jawa, tapi tidak dapat membaca huruf Jawa.

menulis huruf jawa di ms word

Bangsa yang besar adalah bangsa yang bangga atas tanah kelahirannya. Dapat kita lihat dari orang jepang, sepintar dan semaju apapun negaranya, tetap tidak pernah melupakan darimana mereka berasal. Seluruh penjuru kota penuh dengan huruf - huruf hinagara. Bagaimana dengan kota kita? Sangat sulit dijumpai huruf jawa, bahkan nyaris tidak ada sama sekali. Kita lebih bangga dengan bahasa internasional, dan lebih bangga lagi jika bisa bergaya ala artis luar negeri. lalu, dimana rasa kecintaan kita terhadap tanah air?

Dari latar belakang tersebut Mas NiCko akan share cara menulis Jawa di MS. Word. Apa hubungannya mas? Ya.. tentunya saya harapkan kita dapat belajar menulis jawa dan mengajarkannya kepada anak didik kita. Kita dapat mengetikkan sebuah kata yang nanti akan langsung diterjemahkan oleh Office Word dengan huruf Jawa. Dengan terbiasa menggunakan huruf Jawa, otomati sedikit demi sedikit kita mampu untuk membacanya. Berikut adalah link download aksara jawa di MS. Word:


Untuk cara penginstalan, anda tinggal mengkopikan 2 file yang telah anda download tadi ke C:\Windows\Font pada komputer anda. Cukup mudah bukan? Setelah itu buka program MS. Word dan pilihlan font hanacaraka. Coba ketiklah sebuah kata, maka yang akan muncul adalah huruf atau aksara Jawa. Untuk tutorialnya bisa juga anda download disini.


Menulis Huruf aksara jawa di MS.Word bisa anda biasakan dalam kehidupan. Misalnya menulis surat, menulis di papan pengumuman dan sebagainya agar kebudayaan yang tak ternilai harganya itu tetap bertahan dan dapat kita lestarikan bersama walaupun era kemajuan teknologi semakin pesat, semoga bermanfaat..!
Ditulis oleh: Nicko Rh

6 komentar:

  1. TOP postingannya mas. Betul sekali kata Mas Nicko, budaya harus dilestarikan dan tidak boleh terkikis dengan apapun juga.
    Tapi ada ngga yg untuk bahasa bugis ?? Soalnya saya bukan orang jawa :D
    +1 melayang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk bahasa bugis belom ada mas..

      Mungkin nanti mas hasby yang pertama membuatnya.. :D

      Hapus
    2. Sudah saya coba mas, tapi tampilan font aksara bugisnya tidak bisa muncul dengan baik di word 2010. Ada saran ngga ?

      Hapus
  2. makasih gan atas ilmunya, bermanfaat banget nuih :-)

    BalasHapus

Pengunjung yang baik selalu meninggalkan jejak :)