Kamis, 09 Januari 2014

Cara Mengetahui Platform Website

,
Kadang kalau kita melihat suatu website dan takjub karena tampilannya yang bagus dan menarik, kita ingin melihat platform atau dengan aplikasi apa website tersebut dibuat. Entah itu dari blogspot, wordpress, joomla, drupal, ataupun pure CMS. Bagi yang sudah mengetahui mungkin cuma dengan melihat Page Source kita bisa langsung membedakannya. Tapi bagaimana cara mengetahui platform website oleh kita yang masih awam dengan coding?

Sebenarnya terdapat addons atau ekstensi yang cukup mudah digunakan. Dengan menginstal ekstensi tersebut, kita bisa langsung mengetahui platform suatu website karena langsung terlihat pada baris kolom URL. Nama ekstensi tersebut adalah Wappanalyzer. Kita langsung bisa menginstal dengan mengunjungi situs resminya.


Klik download, lalu pilih browser yang anda gunakan untuk diinstal. Lihat hasilnya, akan muncul aplikasi pada sebelah kanan baris kolom url browser anda. Secara otomatis akan terlihat platform website yang anda buka. Cukup mudah bukan? Dengan Wappanalyzer akan terlihat pula aplikasi penyusun website tersebut.

Aplikasi ini cukup berguna untuk para pengembang website atau web design. Misalnya untuk membuat menu yang unik pada sebuah website. Kalau mereka bisa tentu pada website anda juga bisa, kecuali bagi para pengguna CMS murni yang tentu lebih bebas berekspresi dalam mengubah tampilan.

Simak juga ekstensi atau tools lain yang berguna untuk para blogger. Makin banyak kita ketahui, makin banyak pula manfaat yang bisa kita dapatkan. Happy blogging..
Ditulis oleh: Nicko Rh

5 komentar:

  1. terimakasih infonya

    f4ndhy.blogspot.com

    BalasHapus
  2. artikelnya kerenz boleh untuk web selanjutnya sebagai kelanjutan dari http://www.sewamobillombok-oke.com/

    BalasHapus

Pengunjung yang baik selalu meninggalkan jejak :)