Selasa, 21 Januari 2014

Menampilkan Slide Powerpoint di Proyektor yang Benar

,
Banyak diantara kita yang belum mengetahui bagaimana cara menampilkan slide powerpoint dengan menggunakan proyektor yang benar. Terutama bagi dosen2 atau para guru yang belum berpengalaman menggunkan proyektor dalam menggunakan media belajar ini sebagai penunjang kegiatan melajar mengajar.

Sebenarnya, program MS. Powerpoint sendiri sudah memberikan kemudahan bagi pemateri dalam proses penyampiaanya kepada audience, sehingga walaupun pemateri atau guru sedang menyampaikan materi menggunakan proyektor, tp tetap mampu membuka catatan yang telah dibuat di powerpoint. Hal tersebut tentu saja sangat penting kegunaanya, terutama bagi pemateri pemula yang belum hafal betul denga isi dari materi slide yang akan disampaikan.

Berikut adalah contoh slide materi internet marketing saya yang telah disetting untuk menampilkan slide powerpoint di proyektor yang benar. Dari situ dapat terlihat slide yang tampil di layar proyektor akan terlihat seperti biasa, tapi pada sisi sebaliknya di komputer pemateri akan terlihat catatan yang dapat digunakan sebagai media pembantu jika pemateri mengalami kepanikan atau lupa tentang materi yang akan disampaikan. Biasanya hal ini terjadi saat rapat dengan klien atau rapat sidang skipsi.


Lalu bagaimana caranya untuk menampilkan slide powerpoint di proyektor dengan benar? Sebenarnya caranya cukup sederhana. Anda cukup setting layar monitor anda menjadi multi disply. Pertama, anda minimize semua jendela pada windows anda, kemudian klik kanan pada dekstop. Pilih Screen Resolutions, maka akan muncul jendela seperti ini:


Langkah selanjutnya klik identity pada kotak display monitor, kemudian pada Multiple Display: Extend these displays. Lalu cobalah dengan membuka file powerpoint anda dan tekan F5. Cukup mudah bukan? Untuk mengembalikan ke posisi semula anda cukup mengganti Multiple Disply: Show dekstop only on 1.

Demikian artikel mengenai cara setting tampilan slide powerpoint di proyektor yang benar. Semoga bermanfaat bagi anda yang akan berpresentasi dengan menggunakan powerpoint. Nantikan tutorial powerpoint menarik berikutnya.
Ditulis oleh: Nicko Rh

3 komentar:

  1. Owh jadi gitu ternyata caranya menampilkan diproyektor, I see. Terima Kasih

    BalasHapus
  2. Saya sdh lakukan seperti petunjuk diatas tapi kok nggak bisa tampil tu destok dan tampilan power pointnya... gimana ni

    BalasHapus

Pengunjung yang baik selalu meninggalkan jejak :)