Minggu, 15 Juni 2014

Serunya Ikut Road Show Qwords.com Jogja

,
Review Road Show Qwords.com. Bermula saat lagi asik buka facebook, eh.. di grup Komunitas Blogger Jogja lagi pada rame ngomongin kalau Qwords.com mau ngadain road show di Jogja. Wuih... jarang2 tuh ada acara ngumpul2 bareng para blogger, TDA Kampus Jogja dan para designer web. Apalagi Qwords memilih tema event "Ngobrol Seru Bersama Pakar Web Design & Kepenulisan". Tanpa fafifuuu... langsung deh daftar acaranya, apalagi ternyata gratis tanpa dipungut biaya apapun. Makin ngebut daftarnya trus prin tiketnya saat itu juga.. he..he...

Malem jumat 12 Juni 2014 pun datang.. Bukan saatnya bakar lilin atau kemenyan, tapi siap2 untuk berangkat ke acaranya Road Swod Qwords.com. Begitu udah kliatan cakep gak malu-maluin, langsung tancap gas menuju Valley Bambu di Wisata Kuliner Kampung Pringwulung, Jogja. Awalnya clingak clinguk dan deg2an waktu nyampe di lokasi, coz.. gak ada yang kenal menn..! Yups, jadi selama gabung di facebooknya Komunitas Blogger Jogja, belum sekalipun pernah ikut kopdar.. Maklum aja, sayakan orangnya malu2in pemalu.. hihihi... #ketawamanis

Sampai disana nunggu aja sampe acara dimulai, masih clingak celinguk juga gak karuan.. Mana sendirian, gk ada cewe yang nyamperin lagi.. (apa hubungannya!!). Nah.. sebelum pada muntah, langsung aja deh saya ceritain review perjalan Road Show Qwords di Jogja. Awal acara, kita bersama sama membahas tentang kepenulisan bersama seorang mbak2 yang akhirnya saya tau namanya dari twitter bernama mbak Darmini.. hehe.. Maklum aja, saya duduknya paling belakang, dan ga sempet catet namanya #ngeles... Nah, kalo temen2 mau kenal, follow aja twitternya @miniGeka. Nih penampakannya.. saya comot juga dari twitternya @niesnur hehe.. Ijin comot ya mbak.. Semoga rela dunia akhirat..

@miniGeka tema kepenulisan Road Show Qwords.com
Mbak @miniGeka menceitakan pengalaman tentang kepenulisannya dengan sangat antusisan dan suara lantang. Sayapun mendengarkannya dengan serius, dan yang paling saya ingat adalah tentang pesannya bahwa kita harus terus menjaga semangat untuk menulis. Menulis haruslah mengalir dan dituangkan sampai tulisan kita benar2 selesai. Mungkin bahasa lainnya sampai plong begitu ya mbak @miniGeka? Yups, apapun tulisannya kalau tidak selesai ya percuma.. Haha.. jadi inget ide saya untuk membuat Grup Blogger Suka Nulis. Ternyata membangkitkan semangat untuk selalu menulis itu memang tidak mudah, makanya harus ada teman agar kita bisa saling mengingatkan.

Dan ternyata, mbak @miniGeka adalah seorang penulis hebat. Beliau menjelaskan tips menjadikan buku best seller dalam 20 hari.. Mantep bener deh! Sayang banget kalo loe2 semua pada gak dateng... haha.. Dan pada akhirnya beliau menjelaskan bahwa lebih enak menulis cerita non fiksi. Cerita non fiksi dapat dirasakan oleh pembaca lebih hidup karena benar2 kita alami. Untungnya, saya juga suka nulis cerita non fiksi aja..

Lanjut ke acara kedua, diisi oleh Mas Seta dari TDA Kampus Jogja dan yang bikin webnya Divren.co.id. Nah, saya tau namanya karena saat beranjak pemateri kedua saya maju ke depan tepat di depan hidung sang moderator. Maklum aja, rugi banget kalo duduk paling belakang.. Apalagi Mas Seta ini adalah Web Design senior di Jogja.

Road Show Qword 2014
Road Show Qwords.com 2014 Jogja
Tuh.. satu2nya foto yang saya jepret asli dari hengpon saya pas acara Qwords Road Show. Kebetulan lagi seneng banget dapet duduk paling depan dan langsung asal jepret.. #modusjepretmbaknya. Nah, kliatan dikit waktu Mas Seta bersiap untuk maju menyampikan materinya.

Mas Seta menjelaskan bahwa menurutnya, teknik Web Design itu sangat penting dan SEO (Search Engine Optimization) adalah salah satu bagian kecil dari teknik pembuatan website. Beliau lebih menekankan dalam pembuatan website itu agar lebih simple dan dinamis. Simple disini berbeda dengan minimalis. Simple itu lebih kepada kejelasan kontent di homepage, jadi pada waktu seseorang membuka website kita, mereka akan langsung tau maksut dari web tersebut. Sedangkan minimalis biasanya tampilannya minimal, tapi banyak link menuju halaman lain yang membingungkan orang untuk menangkap maksut web  tersebut.

Mas Seta TDA Jogja designer web di Road Show Qwords.com
Beliau mencontohkan web Divren.co.id yang pernah dibuatnya sebelum dan sesudah didesign ulang. Yang baru lebih terlihat simple dan ringan loadingnya. Mas Seta menjelaskan bahwa web yang bagus akan lebih menarik ketimbang teknik2 SEO yang akhirnya mulai ditinggalkannya. Dan... tentu saja hal itu banyak menuai kotroversi (wuiih...) dari temen2 Blogger Jogja yang pada suka belajar SEO. hehe.. 

Untung saja saya dapet kesempatan bertanya walaupun yang terakhir dari ketiga penanya. Saya bertanya bagaimana kalau web untuk jualan bisa dapet pengunjung kalo hanya mengejar tampilan web yang bagus tanpa adanya optimasi SEO.. dan dijawab bahwa lebih baik menggunakan google adwords atau pay per click. Daripada menghabiskan dana untuk menyewa jasa SEO, mendingan untuk menyewa PPC. Pengalamannya bahwa dengan menyewa PPC, repeat ordernya pasti sudah bagus dan bahkan membuatnya kuwalahan, gitu... #gayamarioteguh. Nah, bagaimana kalo SEOnya gak bayar, trus dioptimasi sendiri mas? haha..

Dari hasil obrolan dan diskusi seru diatas, akhirnya mbak MC bilang kalau Desain Web yang bagus dan Optimasi SEO itu sama pentingnya.. Nah, itu saya setuju.. ha..ha...ha... #tertawapuas. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan bagi2 doorprize. Mulai dari kuis siapa nyang nyimpen SMS paling lama, siapa nyang pulsanya paling sedikit, dll. Untungnya gk ada kuis siapa yang paling lama ngejomblo.

Tak lupa juga acara bagi2 hadiah yang paling bikin ngiler juga macam tongsis, SmartPhone Android, dan Tab yang semuanya saya gak dapet. Eh, tapi untungnya saya dapet boneka lutchu, stiker, pulpen, serta voucher gratis dari Qwords.com karena udah nanya sama pematerinya hehe.. rencana, voucernya mau buat beli domain sama hostingan baru untuk toko online yang lagi dipikir namanya.

Makasih banyak ya Qwords.com yang udah ngasih hadiah, ilmu, dan makan gratisnya.. hehe.. Pokoknya ditunggu Road Show selanjutnya di Jogja. Buat kamu... kamu... iya kamu... yang lagi baca, kunjungi segera deh Qwords.com penyedia jasa domain dan hosting murah dan berkualitas.
Sampai jumpa di Road Show berikutnya ya.. :)
Ditulis oleh: Nicko Rh

2 komentar:

  1. Mantap deh ..
    :D
    salam kenal...
    minta komentarnya
    http://resepberbagaikueenak.blogspot.com/2014/07/cara-membuat-banana-cake.html

    BalasHapus

Pengunjung yang baik selalu meninggalkan jejak :)