Senin, 12 Januari 2015

Jogja Sedang Resah karena Anak Muda

,
Belum selesai berita mengenai aksi bentrok antar suporter sepakbola di Jogja beberapa waktu yang lalu, kini jogja kembali diresahkan dengan aksi teror yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, aksi pembacokan yang tak jelas modusnya dan juga targetnya hanya dipilih secara acak oleh pelaku.

Beberapa tahun yang lalu sebenarnya hal seperti ini pernah terjadi di Yogyakarta, hmm.. sekitar tahun 2010 saat itu saya masih duduk di bangku kuliah tengah semester. Tapi saat itu media komunikasi belum selanancar saat ini yang setiap orang bisa mengaksesnya tiap saat, jadi berita seperti ini belum mencuat dan menjadi rumor di masyarakat hingga pelaku akhirnya ditangkap.

Yang saya menjadi heran, kenapa masih ada juga orang yang bertindak sadis dan keji seperti itu di kota Jogja terpelajar ini. Bahkan belakangan setelah tertangkap diketahui bahwa pelaku masih berusia belasan tahun. Berita yang simpang siur kini terungkap berkat kerjasama polisi dan masyarakat yang baik.

Awalnya disinyalir bahwa pelaku adalah segerombolang gank pelajar di Jogja. Setelah beberapa waktu yang lalu akhirnya terungkap, kini muncul lagi dan diketahui bahwa tidak ada hubungan antara keduanya. Kasus yang terjadi terakhir ternyata hanya dilakukan 2 orang bocah yang marah akibat sebelumnya dimarahin orang tua di rumah. Akhirnya mereka melampiaskan kekesalannya dijalan dengan membawa sebilah pedang dan dengan membabi buta membacoki orang dijalan hingga mengakibatkan luka2 bahkan orang lain tewas.

Pelaku pembacokan di Jogja
Ada apa dengan kalian hai kaum muda Jogja!!! Bukankah di malam hari sebaikanya kalian sedang duduk manis didepan meja belajar untuk mengerjakan PR, belajar untuk materi esok, atau sekedar berhayal dengan gebetan kelas sebelah? Atau seharusnya kalian sedang serius mempersiapkan segudang prestasi yang ingin kalian capai untuk kebanggaan keluarga dan teman2 kalian?

Sungguh jaman telah berubah.. Dulu Kemarin, sewaktu saya masih duduk di SMA, malam hari adalah waktu yang sangat berharga.. Bisa nonton TV dengan leluasa aja udah serasa surga dunia. Ini anak2 jaman sekarang malah sibuk bacokin orang hingga tewas. Prestasi apa yang hendak kalian ukir? Apakah dengan hal seperti itu kebanggan bisa kalian dapatkan?

Cobalah berpikir panjang dalam melakuakan setiap hal adik2ku.. Tidak semua hal yang kalian lakukan akan berdampak baik kedepannya. Ingatlah jalan kalian masih panjang.. panjaaang sekali. Setiap langkah yang kalian lakukan akan terlihat hasilnya belasan tahun kedepan. Hingga suatu saat kalian tidak bisa lagi kembali kebelakang, dan hanya penyesalan yang mungkin kalian rasakan.


Ingatlah adik2ku.. Suatu saat kalian harus berdiri sendiri. Orang tua, saudara, ataupun teman hanya melihat menjadi seperti apa diri kalian. Kalian akan melihat teman yang dulunya pendiam dan lugu akhirnya menjadi seorang doktor, atau mungkin teman yang dulunya pemalu akhirnya sukses mengelola bisnis besar. Hal itu akan terjadi dan pasti terjadi! Apakah kalian cukup menjadi penonton saja? Bermimpi menjadi sukses boleh saja.. tapi jangan terlalu banyak bermimpi hingga tak ada satu halpun yang kalian lakukan. Ayo bangkit dan lakukan hal positif di sekitar kita mulai dari hal terkecil.

Banyak hal yang bisa kita pelajari dari orang2 disekitar kita. Kalau semisal orang tua kita tak bisa memberi kita contoh, kita bisa belajar dari orang lain yang lebih tua.. Semisal; guru kita, tetangga kita, saudara jauh kita atau siapapun yang akhirnya menjadi baik. Ingat, karakter kita akan terbentuk dari kebiasaan. Jadi bisakan untuk melakukan hal kecil yang baik dan bermanfaat.
Ditulis oleh: Nicko Rh

0 komentar to “Jogja Sedang Resah karena Anak Muda”

Posting Komentar

Pengunjung yang baik selalu meninggalkan jejak :)