Kamis, 28 Juni 2012

Pengaruh Media Animasi Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar IPA Pada Materi Rangka Manusia Siswa Kelas IV MIN Yogyakarta II Tahun 2011/2012

,
Kali ini saya akan memposting skripsi saya, tapi tentu saja tidak semua. Sesuai dengan judul di atas, skripsi dari jurusan pendidikan dengan metode penelitian quasi eksperimental (eksperimen semu) yang telah saya kerjakan dengan mengorbankan cucuran keringat, air mata, darah, dan juga waktu, terutama money. Tapi cukup sepadan dengan nilai "A" sempurna yang saya terima, hehe..

langsung saja cekibrot "abstraknya". Barangkali dari pembaca yang budiman ada yang membutuhkan.



ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media animasi terhadap motivasi dan prestasi belajar IPA siswa kelas IV MIN Yogyakarta II 2011/2012 pada materi mengenal rangka manusia.Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu (Quasi-Eksperimental), dengan desain Nonequivalent Control Group Design.
Populasi penelitian adalah semua siswa kelas IV MIN Yogyakarta II yang terdiri dari dua kelas. Sampel diambil secara purposive sampling sebanyak dua kelas yaitu kelas IVB (sebagai kelas eksperimen) dan kelas IVA (sebagai kelas kontrol). Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui tes dan pengisian lembar angket motivasi belajar IPA siswa.
Analisis data untuk motivasi belajar IPA menggunakan analisis deskriptif dan analisis prestasi belajar siswa menggunakan uji t dan Uji analisis deskriptif terhadap motivasi belajar siswa menunjukkan bahwa media animasi berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini terlihat dari hasil uji analisis deskriptif yang menunjukkan bahwa persentase motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen dengan menggunakan media animasi lebih tinggi dari persentase motivasi belajar siswa pada kelas kontrol yang menggunakan metode belajar konvensional (ceramah dan tanya-jawab).
Hasil uji t terhadap nilai post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol, menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara nilai prestasi belajar siswa pada kelompok eksperimen dengan nilai prestasi belajar siswa pada kelompok kontrol, hal ini terlihat dari hasil uji t yang menunjukkan harga F0=17,152 pada p=0,000. Hasil uji tersebut menunjukkan bahwa media animasi dalam pembelajaran IPA berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa di MIN Yogyakarta II.







Bagi para pembaca yang ingin tahu seperti apa media animasi pembelajaran IPA dengan materi Mengenal Rangka Manusia bisa di download disini. Untuk mendownload CD Pembelajaran interaktif, bisa anda lihat-lihat DISINI.

Kalo mau sekedar sharing atau tanya-tanya bisa juga langsung hubungi saya lewat PM. Smoga saja saya masih ingat materinya.. nice to see u :)
Ditulis oleh: Nicko Rh

3 komentar:

  1. skripsi'a kok gak lengkap...
    jadi gak seru membaca'a

    BalasHapus
    Balasan
    1. InsyaAlloh besok saya masukkan yg lebih lengkap kalo banyak yg request..

      Hapus
  2. kalo mau bikin animasi pake macromedia flash gimana?
    critanya mau bikin PTK tentang IPA menggunakan macromedia

    BalasHapus

Pengunjung yang baik selalu meninggalkan jejak :)