Minggu, 01 Februari 2015

Cara Membuat CCTV dengan Android

,
Kali ini Mas Nicko akan berbagi informasi cara membuat CCTV menggunakan ponsel atau kamera HP Android. Buat temen2 yang punya android langsung disiapin tuh androidnya biar bisa langsung praktek.. Buat kita yang sulah lama pengen punya CCTV di rumah tapi terkendala soal biaya, maklum tuh pasang CCTV yang aslikan pake dana jutaan.. dengan modal android kita bisa membuat CCTV yang murah dan mudah digunakan.. 

Sebelum mulai proses pembuatan Ciroid (CCTV dengan Android) perlu kita ketahui bahwa pasti terdapat beberapa kelemahan pada setiap barang tiruan atau bukan aslinya. Misalnya nih, Android kita bisa cepet panas dan boros baterai kalau digunakan secara terus menerus untuk menangkap gambar. Tapi ada pula kelebihannya.. yaitu gambar yang dihasilkan akan jernih sejernih kekuatan kamera kita, misalnya kamera androidnmu 13MP, tentu gambar yang dihasilkan bisa lebih baik daripada CCTV yang biasa digunakan pada umumnya.

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan diatas, sekarang kita mulai siapkan bahan2 yang akan digunakan untuk membuat CCTV. Syarat pertama, di area yang akan digunakan sebagai kamera pengintai dan komputer display harus berada dalam satu jaringan, karena hubungan keduanya nanti menggunakan LAN atau jaringan lokal. Kalau dirumahmu terdapat jaringan yang kuat langkah pertama ini tidak menjadi masalah.

membuat CCTV dengan android

Langkah selanjutanya, ambil androidmu, masuk ke playstore lalu download aplikasi bernama IP Webcame. Software inilah yang nantinya akan digunakan sebagai kamera pengintai. Kalau sudah terdownload jangan lupa langsung diinstal ya, jangan dimakan.  Setelah itu, di PC atau laptopmu, donwload aplikasi VLC media player, yang nantinya akan kita gunakan sebagai monitor pengawas. Kalau sudah ada ya jangan di instal lagi. gunakan yang lama aja.. kalau blm ada, bisa di download disini.
Logo IP webcame dan VLC

Kalau sudah terinstal semua, sekarang kita mulai setting.. caranya mudah kok jadi gak usah khawatir. Buka IP webcame di androidmu lalu scrol sampai bawah sendiri dan klik Start Server (Begin Serving Video Sream). Setelah itu layar androidmu akan berubah menjadi layaknya camera dan perhatikan dibawahnya akan muncul IP yang akan menghubungkan ke VLC Media Player.


Buka VLC Media Player di PC atau laptopmu lalu klik "media" --> "buka stream jaringan". Pada opsi jaringan, masukkan IP yang telah kamu dapatkan dari IP Webcame tadi.. jangan lupa pada akhir IP ditambah dengan "/video" tanpa tanda kutip, kemudian "play". Kalau langkah yang kamu lakukan benar, VLCmu akan menampilkan hasil tangkapan layar dari androitmu layaknya sebuah CCTV.


Mudah sekali bukan membuat CCTV dengan android. Dan hasilnyapun saya kira cukup memuaskan karena gambarnya cukup tajam. Kalau dirasa responnya terlalu lambat kamu bisa menambah sensifitasnya dengan klik "playback" pada VLCmu dan "Speed" bisa kamu pilih lebih cepat dan lakukan lagi sampai kamu puas dengan responnya. Tapi hal ini jg tergantung jaringamu jg sih..

Demikian tutorial, informasi, tambahan pengetahuan, dlsb kali ini. Semoga bermanfaat dan pesan saya jangan digunakan untuk hal negatif. Gunakanlah untuk hal2 positif saja, misalnya menjaga sepeda motor tamu diluar rumah, mejaga adik yang sedang bermain, memantau keadaan warung kalau saya, atau hal positif lainnya. Tapi jangan lupa, letakkan androidmu ditempat yang aman atau malah androidmu yang bakal lenyap. See u..
Ditulis oleh: Nicko Rh

0 komentar to “Cara Membuat CCTV dengan Android”

Posting Komentar

Pengunjung yang baik selalu meninggalkan jejak :)