Jumat, 02 Mei 2014

Tips Menulis Blog yang Baik dan Enak Dibaca

,
Kembali lagi setelah lama gak posting tutorial blogger. Kali ini saya akan berbagi tentang tips menulis postingan blog agar baik enak dibaca. Disini sih saya mengatakan agar enak dibaca, bukan benar atau salah ya.. karena sebenarnya tidak ada aturan paten dalam penulisan artikel di blog. Hanya saja, menurut pengalaman saya ada beberapa kriteria khusus dalam penulisan di blog yang jika anda ikuti, maka tulisan akan menjadi lebih enak dan mudah untuk dibaca sehingga pembaca tidak bosan membaca artikel anda sampai selesai. Pastinya kita tidak mau donk pembaca blog kita langsung kabur hanya gara2 melihat postingan kita yang acak adul yang melihatnya saja sudah malas untuk membaca.


Membuat artikel pada blog sebenarnya hampir sama dengan membuat semacam makalah, laporan, ataupun artikel ilmiah lainnya. Hanya saja, dalam penulisan blog tentu kita bisa lebih bebas berekspresi menggunakan gaya bahasa yang kita sukai. Yang jelas kalau kita posting, kita harus bisa membuat visotor tertarik untuk membacanya sampai selesai. Berikut beberapa tips agar postingan blog baik dan enak untuk dibaca :
  1. Pastikan susunan yang tepat seperti pada susunan laporan atau karya ilmia. hal ini menyangkut tingkat pemahaman pembaca. Jika anda hendak membahas susatu hal, jangan langsung to the point pada apa yang hendak anda utarakan. Gunakan latar belakang masalah atau sesuatu yang menjadi alasan mengapa anda hendak membahas hal tersebut. Tidak perlu terlalu panjang.. cukup gunakan 2 atau 3 kalimat saja yang lugas dan tidak bertele-tele. Cara ini gunanya agar pembaca menjadi penasaran untuk membaca kalimat selanjutnya.

  2. Gunakan EYD (Ejaan Yang benar) sesuai standar yang telah kita pelajari sewaktu disekolah. Perlu diingat bahwa susunan tanda baca sangat berpengaruh dengan pemahaman pembaca. Kalimat yang mengabaikan tanda baca seperti titik dan koma sangat mempengaruhi intonasi dan maksut dari kalimat tersebut.

  3. Berikan jeda enter satu atau penggalan stiap paragraf baru. Jadi, pada setiap antar paragraf pisahkan dengan satu buah baris kosong. Satu paragraf biasanya berisi 2 sampai 5 kalimat atau maksimal 7 baris. Hal ini bertujuan tulisan anda akan terlihat lebih rapi dan mudah dibaca. Bayangkan jika sebuah tulisan dibuat runtut tanpa jeda enter dari atas sampai bawah padahal ada 100 baris. Kita tidak bisa membedakan alenia baru dan lebih parahnya lagi kita jadi malas membacanya.

  4. Unggah sebuah gambar untuk satu buah artikel. Setiap anda membuat artikel sebisa mungkin terdapat minimal satu buah gambar. Selain agar artikel lebih terlihat menarik karena tidak hanya berisi tulisan, tetapi juga bisa membangkitkan imajinasi seseorang terhadap isi artikel anda. Selain itu, dalam teknik SEO juga akan berpengaruh baik apalagi yang anda bahas adalah soal pemandangan atau tempat yang sering dicari orang.
Demikian sedikit dari saya mengenai cara menulis blog yang baik dan enak dibaca. Mungkin pembaca yang budiman ada yang memiliki lain untuk lebih menyempurnakan tips diatas. Oh iya, tips diatas tidak berlaku untuk article copas. Mending nulis sendiri dengan bahasa kita sendiri dan lebih disempurnakan malah lebih baik. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada postingan berikutnya.. Salam menulis,,
Ditulis oleh: Nicko Rh

0 komentar to “Tips Menulis Blog yang Baik dan Enak Dibaca”

Posting Komentar

Pengunjung yang baik selalu meninggalkan jejak :)