Membuat Media Pembelajaran Interaktif dengan Powerpoint

,
Membuat Media Pembelajaran
Membuat media pembelajaran interaktif akan dibahas secara mendalam dan terperinci, sehingga anda dapat mengikuti langkah demi langkah pembuatan media pembelajaran dengan mudah dan praktis. Media pembelajaran yang akan kita buat adalah jenis pengembangan sumber belajar bebasis IT. Salah satunya adalah media interaktif yang dibuat dengan menggunakan MS. PowerPoint.

Media pembelajaran interaktif yang akan kita buat nanti dapat kita kategorikan sebagai Media Animasi berbasis DMA (Direct Manipulation Animation). DMA menyediakan fasilitas untuk pengguna berinteraksi langsung dengan control navigasi (misal tombol dan slider) sehingga pengguna bebas untuk menentukan arah perhatian dan dapat diulang.

Tak beda jauh dengan CD Pembelajaran Interaktif yang telah kita bahas sebelumnya. Bedanya tentu pada keterbatasan olah tampilan atau kemasan, tetapi dengan menggunakan MS. PowerPoint akan lebih memudahkan mahasiswa maupun guru yang kurang memahami bahasa pemrogaman untuk mempelajarinya (Skripsi Mas NiCko, 2012).

Tutorial kali ini akan menggunakan full gambar sehingga akan lebih memudahkan anda mempelajarinya,  pastikan juga flash player telah terinstal di komputer anda, karena beberapa tutorial akan menggunakan animasi swf, kalau belum segera instal flas player. langsung saja ikuti langkah-langkah cara membuat media pembelajaran interaktif:

1. Menyiapkan Materi
Materi yang disiapkan dalam tahap awal pembuatan media pembelajaran adalah Standar Kompetensi (SK), Kompetensi Dasar (KD), termasuk berbagai gambar dan video yang mendukung materi pembelajaran. Untuk mendownload video, anda bisa mencarinya di situs youtube.com, pastikan anda mengetahui cara mendownload video dari Youtube. Jika perlu, anda bisa menambahkan evaluasi dalam Media Pembelajaran Interkatif (MPI) tersebut, sehingga anda juga perlu menyiapkan beberapa buah referensi buku paket.

2. Membuat Slide Materi MPI
Slide materi MPI meliputi 3 bagian pokok; 
  • Slide Opening
  • Slide opening adalah slide pembuka dalam sebuah MPI. Slide opening biasanya berisi Judul, kata sambutan, bacaan doa, menampilakan SK dan KD, dsb. Buatlah slide pembuka minimal 2 slide. Beberapa contoh opening yang menarik bisa anda berikan efek lampu sorot, efek loading, hitungan mundur, dsb. 
  • Slide Master


  • Slide master adalah inti dari MPI yang mencakup keseluruhan materi yang akan diberikan kepada siswa. Slide master berisi Home yang didalamnya terdapat beberapa link menuju sub materi dan link lain yang menuntun perjalanan slide sampai akhir (penutup). Untuk membuat tombol link, biasa anda simak DISINI. Untuk mendownload contoh slide master DISINI.
  • Slide Penutup
  • Slide penutup adalah slide akhir atau closing dari MPI. Slide penutup berisi referensi buku, kata penutup, bisa juga anda tambahkan profil anda, dsb.

    Untuk mempercantik tampilan MPI, anda bisa menambahkan beberapa efek kejutan untuk siswa, misalnya dengan membuat gambar berjalan di powerpoint, atau dengan mengedit foto agar lebih menarik. Yang perlu anda perhatikan dalam pembuatan MPI adalah, anda perlu mematikan tombol auto mouse klik agar arah slide bisa kita kendalikan dengan tombol - tombol baru yang kita buat.

3. Menambahkan gambar, animasi, suara, dan video
Setelah anda menyiapkan gambar, animasi, maupun video untuk powerpoint pada tahap pertma tadi, kini saatnya anda memasukkannya kedalam MPI. Mempercantik tampilan dengan mengedit kembali hasil media interaktif yang telah anda buat dengan memasukkan audio berupa lantunan musik atau efek suara yang dapat membantu siswa untuk fokus pada media pembelajaran dan memahami maksut dari slider yang telah anda buat.

4. Menconvert Menjadi Flash Player

Mengubah PPT menjadi SWF

Mengconvert file PPT atau slider powerpoint yang telah anda buat dan sempurnakan tadi menjadi Flash Player dapat memudahkan dalam memberikannya kepada siswa. File akan menjadi satu kesatuan yang utuh tanpa harus mengcopy semua video maupun suara yang telah anda masukkan. Selain itu media pembelajaran interaktif yang anda buat akan semakin terlihat menarik dan tampil layaknya media pembelajaran professional. Simak cara membuat powerpoint menjadi flash.

Demikian Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif. Semoga dengan mengikuti langkah-langkah di atas, teman-teman bisa mengembangkan karya secara mandiri sebagai media ajar yang dapat langsung digunakan untuk kepentingan pendidikan sesuai dengan imajinasi dan daya kreasi masing – masing.

Dengan adanya media pembelajaran yang dapat dibuat langsung oleh pendidik atau mahasiswa calon pendidik, saya harapakan sumber belajar untuk siswa akan semakin mudah didapatkan sehingga dapat lebih meningkatkan pemahaman siswa dalam belajar dan memahami materi. Semua demi tercapainya kemajuan pendidikan di Indonesia. Salam pendidikan!

(tutorial ini akan terus disempurnakan berdasarkan pertanyaan dan masukan anda, sehingga silahkan untuk mengisi komentar dengan bahasa yang baik dan baku)
Ditulis oleh: Nicko Rh

5 komentar:

  1. Balasan
    1. Terimakasih telah berkunjung.. cara membuat media pembelajaran interaktif

      Hapus
  2. langkah2 penggunaan media power point dalam pembelajaran itu seperti apa??

    BalasHapus
  3. terima kasih ilmunya..., :)

    BalasHapus
  4. trima kasih ini sangat mmbantu

    BalasHapus

Pengunjung yang baik selalu meninggalkan jejak :)