Senin, 23 Februari 2015

Pelatihan dan Pengembangan SDM

,
Dalam suatu lembaga perlu adanya Program Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). Karena dalam sebuah lembaga, khususnya organisasi, perusahaan, maupun instansi pemerintah diperlukan professionalisme dan persaingan yang ketat sesuai kompetensi pada masing-masing bidangnya. Namun, yang terjadi seringkali tidak tahu apa yang harus dilakukan oleh lembaga tersebut.

Pelatihan dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkaitan dengan skill, semangat, dan etos  kerja bagi anggota staff maupun karyawan perlu untuk dikaji ulang oleh para pimpinan untuk memperoleh hasil kerja yang maksimal. Tidak hanya itu, dalam suatu lembaga maupun perusahaan biasanya terjadi kericuhan yang tidak diketahui sehingga mempengaruhi suasana dan ruang kerja sehari - hari.

Training SDM
Training SDM
Sjafri Mangkuprawira mengungkapkan: “pelatihan bagi karyawan merupakan sebuah proses mengajarkan pengetahuan dan keahlian tertentu serta sikap agar karyawan semakin terampil dan mampu melaksanakan tanggung jawabnya dengan semakin baik, sesuai dengan standar." (2004).

Hal yang harus dilakukan dalam program pelatihan dan pengembangan Sumber daya Manusia (SDM) untuk meningkatkan etos kerja dan kemampuan dalam organisasi maupun perusahaan, mengingat banyaknya karyawan maupun staf pemerintahan yang masih belum memiliki skill, kompetensi, maupun keahlian yang memadahi dalam melaksanakan tanggung jawabnya. Tentunya sangat berpengaruh dengan lingkungan kerja.

Pelatihan dan pengembangan SDM dapat membantu untuk menjamin bahwa anggota organisasi memiliki pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menjalankan pekerjaan secara efektif, mengambil satu tanggung jawab baru, dan beradaptasi dengan perubahan kondisi. Pelatihan ini terfokus pada pengajaran anggota organisasi (sumber daya manusia) tentang bagaimana mereka dapat menjalankan pekerjaan dan membantu mereka mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang di butuhkan untuk kinerja yang efektif. Sedangkan pengembangan terfokus pada membangun pengetahuan dan keterampilan anggota organisasi sehingga mereka dapat dipersiapkan untuk mengambil tanggung jawab dan tantangan baru.

Dengan melakukan pelatihan dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam instansi, maka diharapkan kinerja dalam perusahaan akan semakin meningkat dan maksimal. Berikut beberapa fungsi dan tujuan dalam Program Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia:
  1. Memutakhirkan keahlian seorang individu sejalan dengan perubahan teknologi.
  2. Melalui pelatihan, pelatih (trainer) memastikan bahwa setiap individu dapat secara efektif menggunakan teknologi-teknologi baru.
  3. Mengurangi waktu belajar seorang individu baru untuk menjadi kompeten dalam pekerjaan.
  4. Membantu memecahkan persoalan operasional.
  5. Mengorientasikan setiap individu terhadap organisasi.
  6. Memberikan kemampuan yang lebih tinggi dalam melaksanakan tugas dalam bekerja.
  7. Meningkatkan tingkat professionalisme para karyawan.
Sebelum mendesign program pelatihan dan pengembangan, manajer seharusnya menunjukkan perkiraan kebutuhan untuk menentukan mana-mana karyawan yang memerlukan pelatihan dan pengembangan dan jenis pengetahuan atau keterampilan apa yang mereka butuhkan. Tujuan utama dari pelatihan dan pengembangan ini adalah untuk mengatasi kekurangan-kekurangan para sumber daya manusia dalam bekerja yang disebabkan oleh kemungkinan ketidakmampuan dalam pelaksanaan pekerjaan, dan sekaligus berupaya membina mereka agar menjadi lebih produktif. Adapun yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan pelatihan dan pengembangan ini adalah pimpinan organisasi di semua level dan dapat dibantu oleh para staff spesialist yang ditugaskan organisasi untuk melaksanakan program pelatihan dan pengembangan.

Disaat kompetisi antar organisasi berlangsung sangat ketat, persoalan produktivitas menjadi salah satu penentu keberlangsungan organisasi disamping persoalan kualitas dan kemampuan karyawan. Program pelatihan dan pengembangan SDM dapat memberi jaminan pencapaian ketiga persoalan tersebut pada peringkat organisasional.

Banyak hal yang bisa dilakukan oleh perusahaan untuk melakukan peningkatan produktifitas perusahaan, diantaranya dengan melakukan diklat, seminar, atau kegiatan pelatihan diluar rungan seperti kegiatan outbound training, corporate culture, dan berbagai pelatihan dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) lainnya.

Orbit Semesta Training Management adalah Pusat Lembaga Pelatihan dan pengembangan SDM yang tidak hanya menyentuh emosi akan tetapi sampai dengan ranah spiritual yang membantu menyiapkan manusia/individu, team/perusahaan supaya mampu beradaptasi dengan perubahan dan perkembangan secara optimal tanpa harus kehilangan identitas utama. Dalam pelaksanaannya, Orbit Semesta selalu menanamkan meaning/nilai disetiap pelatihan maupun event yang dilaksanakan.
Ditulis oleh: Nicko Rh

1 komentar:

  1. Halo,. salam kenal, saya ikut promosi yaa..
    kami PINBOO Bandung tlp.(022)91147817 - 081320620692 ( http://www.pinboo.org ) hendak menawarkan pruduk PIN murah, dlm berbagai model mulai seperti pin penitik, pin gantungan kunci bolak-balik, pin gantungan kunci crop pembuka botol, pin magnet,dan pin gantungan kunci 1 muka, serta bahan baku pin mulai dari ukuran 25mm s/d 75mm. cetak dan jual bahan mug.
    menjual juga kertas inject & kertas photo.
    kami juga membuat sendiri bahan pin, bahan gagang kipas promosi. menjual laminasi(glossy, salur/kanvas, gliter, dll). selain itu juga membuat id-card instan & menjual bahan baku id-card 2 muka (bolak balik), tali idcard / sablon tali id card, yoyo id card, dll
    terimakasih.. (proprint_pinboo@yahoo.com)

    BalasHapus

Pengunjung yang baik selalu meninggalkan jejak :)