Senin, 15 Oktober 2012

Jejaring Social Ternyata Bisa Bikin Autis!

,
Udah pada taukan apa itu social media? Itu lho contohnya.. ada facebook, twetter, Gplus, NetLoG dan masih banyak lagi social media terutama yang berhubungan dengan dunia internet yang berkembang saat ini. Dulu, jaman waktu ane masih ababil, kira2 dipenghujung usia akhir balik, sekitar umur-umur 13 gitu.. (iya, mungkin terlalu cepet ane akhir balik :D). Nah, kira2 waktu itu ane tidur lebih awal dari biasa karna kecapekan, trus langsung aja ane merebahkan tubuh seperti biasa di atas kasur tanpa ada hal2 yg menurut ane janggal. Tapi, tiba2 dalam tidur itu, ane mimpi bro! skitar pukul 2 malem.. tiba2 seluruh tubuh ane mengejang.. lalu tiba2..


Kembali ke topik awal. Jadi, waktu ntu ane baru mengenal yg namanya istilah internet. Dengan berbekal pengetahuan yg dangkal dan rasa ingin tahu yg mendalam, ane bareng temen2 masuk ke sebuat warnet yg letaknya tak jauh dari tempat dimana ane menuntut ilmu pada jenjang menengah pertama (disingkat=sekolah). Kebetulah di situ ada salah satu temen ane yg tau cara bikin email.. yups, email..! dan lebih kerennya lagi ada yg udah bisa buka friendster men..! iya, itu pun  baru sekedar buka aja.

Nah, dari situlah mulai berkembang yg namanya social media.. Banyak situs2 baru yang muncul dan  menawarkan kelebihan dari jejaring socialnya masing2.. hingga seperti saat ini, situs jejaring social mencapai urutan pertama pada situs2 yang biasa dikunjungi oleh user. Mengherankan memang.. dulu internet dipakai sebagai media cepat dalam memperoleh informasi, sekarang dipakai sebagai ajang saling kenal, sapa, gebet, pacarin, lalu berakhir dengan status2 galau. But, ane gk permasalahin hal itu, coz ane sendiri salah satu korban salah satu jejaring social tersebut. Pernah ane kenalan ama Wati (disamarkan) yang akhirnya sepakat untuk ketemuan, dan berakhir dengan ngopi bareng bersama Bambang.. (nama asli wati :3).

Kembali cerita akan ane luruskan.. Baru2 ini, ane punya kerjaan sampingan jadi asisten dosen. Lebih tepatnya jadi kacungnya Bu Dosen yang lagi ngrampungin desertasi, kerjaan tiap harinya ngetik.. ngetik.. n' ngetik.. dan juga jadi fasilitator kelas buat bantu2in nyebar angket penelitian. Bisa juga disebut romusa abad modern. Tapi gakpapa.. itung2 cuci mata sambil obral tampang sama mahasiswi2 semester awal yang muka2nya masih polos, kaya sider bolong mukarata. Kalo gak percaya, ini ada pictnya:

bukannya sok getle, tapi emank gk dapet kursi..
Di saat ane ada di kelas inilah ane menemukan beberapa kejadian yang sangat menarik untuk ane critain di sini. Ada beberapa dari mahasiswa, saat kuliah sedang berlangsung.. malah asyik dengan jejaring sosialnya sendiri. Seperti ini contohnya.. mudah2an ane gak dilaknat ama tuh yang punya jilbab merah.. :D

untung dulu ane gk ketangkep kamera.. XD
Bukannya aneh sih, masalahnya ane dulu juga pernah autis sama tuh situs mpe sehari ane bisa bikin status mpe 10kali dalam sehari! belom lagi coment2annya kalo di rekap jumlah suku katanya, bisa buat nyelesaiin skripsi. nah loe.. gak nyangka kan dengan tampang ane yg minimalis, ane bisa exis di facebook dengan foto profil Crisyian Sugiono.. hehe.. Bahkan, sehari aja ane gak buka fesbuk, badan ane meriang men..! jadi, setiap kali ane ngelakuin kegiatan baru, langsung ane jadiin status.. misalnya; "lagi boker di atas kolam lele" atau "lagi makan lele yang barusan ane kasih makan". Kebayang kan betapa autis ane ama fesbook!

Penyakit lain yg bisa bikin autis ama jejaring sosial adalah.. orang yang lagi kasmaran men! Nah.. pada senyum2 kan.. :D Biasanya, orang yang lagi kasmaran ato jatuh cintrong tuh suka menyiksa diri sendiri.. cari2 tau soal si doi'.. apa yang lagi doi' lakuin, lg dimana, ma sapa, berbuat apa, dlsb... dlsb..... pantau terus statusnya tiap menit, teliti satu2 mentionnya, ama sapa tuh becanda2nya... Bahkan ada yang tiap kali gebetannya ganti foto profil, langsung deh di download, masukin Hp, atau diafdruk yang gede trus di pasang di dinding kamar.. walaupun hasil akhirnya pecah, lebih mirip gambar balom gas. pusing dech..

duh.. si Bejo bales coment gue gak yuaa...
Itulah suka-duka orang yang autis ama dunia maya.. mungkin sebagian temen2 juga pernah ngalamin keadaan seperti itu. Bukan cuma seperti yang ane tulis di atas, bahkan masih banyak lagi yang bisa bikin kita ketergantungan dengan suatu jejaring social. Tapi, banyak juga efek positifnya.. ada yang memakai media tersebut untuk menghasilkan profit, membuat kelompok2 belajar, dan grup2 bermanfaat yang lain. Tergantung bagaimana kita memanfaatkannya.

Begitulah kira2 sekelumit cerita ane tentang penyebab orang bisa kena autis gara2 jejaring social. So, bagi temen2 yang lain punya masukan ato kritikan buat tulisan ane ini, bisa tulis di kotak komentar.. entar ane edit deh biar makin lengkap referensi tentang penyebab orang bisa jadi autis karena social media.. hehe, see u next time friends :)



Ditulis oleh: Nicko Rh

1 komentar:

  1. A_ku
    U_dah
    T_ahu
    I_tu
    S_emu

    Pa' Nik, Autis mungkin bisa memenjararakan jiwa dengan kesemuan... Hehehe...

    BalasHapus

Pengunjung yang baik selalu meninggalkan jejak :)