Minggu, 04 November 2012

Cerita I'dul Adha

,
Selamat pagi teman2 semuaaa.. ALhamdulillah, akhirnya bisa update postingan juga karena kemarin terkendala masalah modem yg ngadat, dan disinyalir ternyata jaringan inet yg tiba2 mati gara2 pulsa sekarat cekak.. hehe,,

Udah pada baca kan judul diatas? Nah, kalo kalian pada baca pasti akan heran.. lebaran uda lewat hampir sebulan tapi kok baru update ceritanya.. ya, gimana lagi. daripada gak Update sama sekali. Ntar dikira gak ikutan ngrayain lebaran kambing Idul Adha lagi,,


Naaah... sebelum masuk ke cerita pengalaman I'dul Adha kemarin, izinkan saya menyucapakan;



SElAMAT IDUL ADHA 1433H
SEMOGA AMALAN IBADAH KITA DITERIMA 
DAN DILIPAT GANDAKAN OLEH ALLOH SWT
SEHINGGA MENAMBAH KEBERKAHAN 
PADA SETIAP AMALAN YANG KITA KERJAKAN
AMIN


Siapa nih diantara temen2 kemarin yang ikut kurban kambing/sapi angkat tangan! hehe..
Pinter... gak ada yg angkat tangan pastinya ya.. ntar malah pada kaget kalo tiba2 temen2 angkat tangan di depan komputer sambil cengar-cengir sendiri.

langsung saja ke cerita pengalaman saya kemarin pas Hari Raya Idul Adha yang bertepatan pada hari jum'at, 26 Oktober 2012. Kenapa kok bisa bertepatan dengan hari jum'at? tanggal dan bulan segitu? Nah, ada yg bisa jawab gak.. klo gak bisa, silahkan tanya ke ahlinya,, #gaktaujuga.

Pagi itu, pukul 05.00 saya bangun dari tempat tidur dan langsung teringat bahwa hari itu adalah hari raya Idul Adha (sorry, gk penting banget). Seperti hari raya pada umumnya, umat Islam melakukan Sholat Ied di masjid2 atu lapangan di sekitar tempat tinggal mereka. Begitu juga gue..(nah, jadi "gue") di sebelah rumah kurang lebih 200meter ada gedung Erlangga, yang jualan buku itu.. digunakan untuk sholat ied. Nah, saya sholat disitu. Sampai disini jelas?

Pulang dari sholat ied saya sarapan lalu tidur lagi bersantay sejenak. Dan, pukul 08.00 mulai terdengar rintihan2 halus dari Hp mungil saya perihal perintah untuk segera ke masjid Al-Ma'ruf di kampung RT 01 Gedongan Baru, Yogyakarta. Sengaja saya tulis biar kena search engine mbah google.
Sampai disana, ternyata udah ada beberapa kambing yang udah disembelih.. Wah, telat dech liatnya..

Kambing Qurban Masjid Al-Ma'ruf
Sapi Qurban Masjid Al-Ma'ruf
Padahal kata Nabi, melihat penyembelihan hewan Qurban itu saja udah dapat pahala GEDE!! Nah, begitu mudahnya kan ajaran Islam.. Gak perlu susah2 beli hewan Qurban kalo gk mampu beli. Cukup Liet aja udah dapet pahala.
Untungnya, masih ada beberapa hewal lain seperti kerbau, unta, macan, kuda nill.. dan lain2 yang masih ada di gembira loka. Jadi, di situ masih ada sapi dan kambing yang belum disembelih.. lega dech,,

Para panitia Qurban mulai membacakan satu persatu sohibul Qurban dan mulai menyembelih hewan Qurbannya. Alhamdulillah yach.. akhirnya bisa juga liat prosesi penyembelihan hewan Qurban. Sambil deg2an saya beranikan diri maju kedepan buat liet prosesi penyembelihannya, sambil nyuri ilmunya juga, sapa tau besok gede jadi tukang jagal (jgn diamini ya..). Tak lupa pula saya abadikan momen menggembirakan ini:

penyembelihan hewan Qurban
Tuh.. lietkan cara menyembelihnya.. jadi yang dipotong adalah urat nadi yang ada di leher. Bukan di tenggorokannya. So, dipastikan darah segar akan segera keluar dan hewan Qurban segera mati biar gak merasakan sakit terlalu lama. Darah yang keluarpun ditampung pada sebuah lubang dari galian tanah agar gak muncrat kemana-mana dan bisa segera di timbun tanah lagi jika sudah selesai digunakan.

Setelah itu, kami dari pemuda kampung Gedongan Baru bersama dengan ibu-ibu dan bapak-bapak bekerja sama untuk memotong-motong lalu menimbangnya satu persatu untuk segera dibagikan kepada penerima daging Qurban. Karena saya hanya membawa sebilah parang besar yang biasa digunakan untuk menebang pohon samping rumah, maka saya dapat jatah membantu memotong tulang2 besar untuk dijadikan irisan kecil2... sekitar 30cm panjangnya (gak kecil juga kalee..).
Karena moment ini penuh dengan lemak dan bau amis, maka saya hanya bisa mengambil gambarnya di awal sebelum acara potong-memotong dilaksanakan.

proses menguliti daging Qurban
Udah ya gambarnya.. ntar dikira DP lagi,, jadi itu saja. Setelah itu, sehabis sholat Jum'at kami bersama dengan panitia lain segera membagi daging Qurban kepada warga sekitar.
Benar2 hari menyenangkan bisa turut membantu dalam sebuah acara. Apalagi itu adalah acaranya umat Islam. Indahnya hidup ketika bisa berbagi.. So, apapun yg bisa kita lakukan untuk orang lain, maka lakukanlah. Semoga amalan kita diterima oleh Alloh SWT dan keberkahan selalu menyertai langkah perjalanan hidup kita. Amien..
Selamat berqurban :)
Ditulis oleh: Nicko Rh

0 komentar to “Cerita I'dul Adha”

Posting Komentar

Pengunjung yang baik selalu meninggalkan jejak :)