Kamis, 21 Maret 2013

Cara Mengatasi BB Hilang Sinyal

,
Berawal dari pengalaman BlackBerry Curve saya yang tiba tiba hilang sinyalnya atau tertulis SOS, kali ini saya akan berbagi tips cara mengatasi blackberry anda yang tiba tiba hilang sinyalnya, tidak stabil, ataupun lemot. Tips ini berlaku bagi semua Blackberry, termasuk Gemini, Storm, dan tentu saja Curve. Memang pusing rasanya, Blackberry kita yang masih baru ataupun lama bisa saja mengalami kejadian tersebut. Untuk tips cara menyembunyikan file di BB klik aja..

cara mengatasi BB hilang sinyal

Cara pertama jika tiba tiba BlackBerry anda hilang sinyalnya, atau tiba2 tidak mendapatkan sinyal 3G atau Edge adalah mengendalikan diri anda sendiri. Jangan langsung panik apalagi sampai membanting BlackBerry baru yang barusan anda beli. Berikut adalah trik cara mengatasi BB yang tiba tiba hilang sinyalnya:
  1. Pastikan anda mendapatkan sinyal yang cukup dengan berada di luar ruangan. kalaupun di dalam ruangan, tanyakan kepada teman anda yang memakai BB juga, apakah BlackBerry nya ada sinyalnya atau tidak. Jika hanya BB anda yang kehilangan sinyal, ikuti langkah kedua.

  2. Coba cek langganan paket internet Blackberry anda. Walaupun sepele, terkadang kita berkeyakinan bahwa paketnya masih lama, padahal sudah habis saat itu juga.

  3. Setelah anda cek ternyata paket internet masih aktif, maka cobalah untuk mulai melihat aplikasi pada BB anda, apakah ada beberapa aplikasi yang menyedot bandwidt yang menyala bersamaan? coba logout dari akun facebook atau twitter anda, hapus semua recent update BB anda. Kalo perlu, hapus semua histori chat anda di BB, WhatsApp, line dsb. Mungkin ada teman anda yang mengupload gambar sedikit besar sehingga BB anda keberatan.

  4. Hapus log aktifitas BB anda: caranya, tekan "alt" lalu tahan. tekan L+G+L+G sambil tetap menahan "alt" kemudian "clear log". Bersihkan juga memori BB dengan cara --> masuk options, Security, advanced Security Setting, Memory Cleaning, kemudian "Clean".

  5. Jika masih belum ada sinyal juga, coba lakukan hard restart pada BB anda dengan mematikannya kemudian melepas baterai nya. Tunggu sekitar 2 menit, Kemudian pasang dan hidupkan kembali.

  6. Jika belum bisa, cobalah ke tempat yang ada wifinya, kemudian nyalakan wifi pada BB anda, conect kan. pengalaman saya, sinyal bisa terpancing dengan cara tersebut.

  7. Jika masih tetap aja ngeyel BB anda tidak stabil sinyalnya, coba bujuk teman anda yang memakai BB untuk melepas kartu provider yang ada pada Blacberry nya, kemudian pasang di BB anda. Barangkali kartu anda yang sudah terlalu tua dan bermasalah. Ini yang seringkali terjadi.

  8. Jika masih tetap saja sinyal tidak muncul, silahkan bawa BB anda ke tukang service BlackBerry terdekat, mungkin ada hardware yang bermasalah. Atau kalau masih garansi resmi, bawa aja ke tempat penjualnya dulu.
Mungkin sekian tips dari saya mengatasi BB yang tiba tiba kehilangan sinyalnya. Jika ada saran lain silahkan tulis di comment agar bisa saya tambahkan. Semoga bermanfaat :)
Ditulis oleh: Nicko Rh

4 komentar:

  1. kalu terdapat tulisal proses memulai gagal di sinyalnya itu knp gan?

    BalasHapus
  2. . .--::--.
    / | \
    '-..-^-..-'
    I, '. ',I
    /(_____)\
    I (_____) ) мɑπ†ɑpz..
    I (_____) )
    \ (____) /
    \ :)
    >
    _/ \_

    BalasHapus

Pengunjung yang baik selalu meninggalkan jejak :)