Sabtu, 18 Mei 2013

Cara Menghapus Link Keluar pada Blogspot

,
Salah satu cara untuk mengoptimalkan SEO adalah dengan mengurangi link keluar pada blog anda. Link keluar adalah suatu link (bisa berupa tulisan atau gambar) yang jika di klik akan menuju pada alamat web atau blog lain. Jika terdapat link keluar pada blog anda, secara tidak langsung anda ikut memberikan point web atau blog tersebut atau biasa disebut backlink, tentunya dengan rel dofollow (tentang rel dofollow dan nofollow akan kita bahas selanjutnya). Jika itu memang suatu kesengajaan, dalam arti anda ingin mengangkat web atau blog tersebut agar mendapatkan posisi yang baik pada Search Engine, itu tidak masalah. Tetapi bagaimana jika anda memasang link keluar pada blog anda karena ketidak fahaman anda atau tidak tau cara menghapusnya?

Contoh link keluar

Kerugian jika memasang link keluar adalah secara tidak langsung anda memberikan beban kepada blog anda sendiri untuk mendapatkan posisi yang baik di search engine. Gambaran mudahnya adalah jika blog anda seekor burung, maka untuk terbang blog anda mempunyai banyak muatan yaitu link keluar pada blogspot anda. Tidak jadi soal ketika blog anda sudah memiliki traffict pengunjung yang sudah sangat banyak, laksana burung dewasa yang siap terbang dengan kuat dan siap diberi banyak muatan. Tapi bagaimana jika blog anda masih baru, laksana burung yang masih belajar terbang? Tentu dengan muatan seperti itu akan sangat mengganggu sekali bukan?

Berikut beberapa trik cara menghapus link keluar pada blogspot anda:
  1. Buka template --> edit HTML, cadangkan/pulihkan lalu unduh template lengkap anda untuk berjaga jaga jika terjadi kesalahan. Kemudia masuk ke pengaturan HTML.
  2. Lihat blog anda dan carilah link keluar pada blog anda, caranya.. dekatkan mouse nada pada link maka disebelah kiri bawah browser akan terlihat kemana link menuju. Atau langsung saja, dekatkan mouse anda pada link, lalu klik kanan pilih "copy link address".


  3. Setelah itu, masuk kembali ke edit HTML, klik mouse pada bagian dalam HTML lalu tekan Ctrl + F, pastekan link tadi ke dalam kolom pencarian lalu tekan enter.


  4. Cara sederhananya, anda tinggal menghapus link tadi mulai dari kode <a href="..... sampai </a>, tapi bisa juga anda menggantinya dengan link menuju home page blog anda sendiri, dan beri nama dengan nama blog anda.
  5. Jika terpaksanya anda harus memasang link keluar pada blog anda, misalnya link menuju facebook, twitter, kaskus, dsb milik anda, gunakan atribut nofollow agar link tersebut tidak mendapatkan point apa2 dari blog anda. Caranya, misalanya: <a href='http://nikyuero.blogspot.com' rel="nofollow">
  6. Kemudian save template.
Buka kembali blog anda, atau Reload, jika link sudah hilang berarti anda sudah berhasil menghapus link keluar pada blogspot anda. Jika link keluar anda buat nofollow, cara pengecekannya adalah klik kanan pada  link keluar tersebut, pilih inspect element. Jika tidak pingin repot anda bisa menginstal SEO for Chrome pada browser anda, nanti akan terlihat semua.. mana link dofollow atau nofollow.

memberi atribut nofollow link

Jika terdapat atribut rel=nofollow pada element, berarti anda berhasil membuat link keluar tersebut hanya pajangan dan tak bernilai apa2 pada blog anda. Hal ini yang sering dibuat oleh blogger yang suka curang jika diajak tukar backlink, atau blogger nakal yang suka copy paste artikel, menyertakan sumber, tapi sumber nya nofollow... karena sebanyak apapun link keluar pada blog anda, jika anda buat nofollow sama aja bohong dong. Saya harap tidak terjadi pada sobat blogger semua. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi yang belum tahu. Nantikan tips blogger berikutnya..
Ditulis oleh: Nicko Rh

2 komentar:

Pengunjung yang baik selalu meninggalkan jejak :)