Senin, 08 Oktober 2012

Cara Mengatur Hasil Editan PhotoScape Agar Tidak Pecah

,
Kali ini saya akan memberikan tips bagi anda yang masih bingung cara setting ukuran atau size di PhotoScape. Berawal dari pertanyaan beberapa rekan saya mengenai cara edit foto dengan PhotoScape dan berakhir dengan pertanyaan "kok pake PhotScape kalo di save hasil fotonya menjadi kecil atau pecah? apa pixelnya mengecil?" atau "hasil akhir gambarnya kok menjadi pecah?" langsung saja saya jawab, "edit aja pake PhotoShop, dijamin gak ada masalah" hehe..

Tapi di sini saya tidak akan memberikan solusi seperti itu.. Saya akan memberikan tips bagaimana cara setting foto atau gambar dengan PhotoScape agar hasilnya tetap maksimal. Sekalian biar teman-teman yang lain berusahalah searching di internet mengenai cara setting ukuran atau size gambar dengan PhotoScape agar hasilnya tetap maksimal, tidak mengecil otomatis dan akhirnya pasti akan menemukan blog saya ini hehe..

langkah pertama, seperti biasa anda memasukkan fotro di PhotoScape kemudian mengeditnya dengan berbagai menu yang terdapat di PhotoScape. Setelah selesai, anda pasti akan menyimpannya dengan tombol simpan. nah, disini masalahnya.. biasanya anda akan dihadapkan pada 3 pilihan, yaitu: simpan, simpan di folder, atau simpan sebagai. Lebih baik anda memilih yang "simpan sebagai" agar anda bisa menyimpannya dengan name and place baru dan gambar aslinya tidak hilang. Jangan lupa menyimpannya dengan format JPEG.

langkah kedua, disinilah kunci permasalahannya. Anda akan dihadapkan pada menu "kualitas JPG". Jika anda menginginkan ukuran atau size tetap sama dan tidak berkurang kualitas pixelnya, anda harus menggeser tombol kualitas tersebut menjadi 100%.
Selanjutnya adalah dengan meng"klik" ukuran yang biasanya masih berupa tanda tanya (?). Maka di situ akan terlihat besarnya ukuran file sebenarnya. Setelah itu baru anda klik "Save"

Setting Ukuran Kualitas PhotoScape
Nah, hasilnya akan tampak seperti gambar di atas. Disitu akan terlihat ukuran foto adalah 1,9 MB yaitu ukuran sebenarnya dan tidak akan mengecil kualitas maupun pixelnya. Semoga sedikit tips ini bisa membantu anda yang membutuhkan. Trimakasih.. :)


Ditulis oleh: Nicko Rh

5 komentar:

  1. Pa'Nik.... Di Photoscape t4 ku tak ada option ukuran.... Mending Photoshop aja... Hehehehe daripada ribettt...

    BalasHapus
  2. Foto kok tdk terbaca,jd blm bs ngedit.

    BalasHapus

Pengunjung yang baik selalu meninggalkan jejak :)