Kamis, 11 April 2013

Teknik Gerakan Dasar Karate

,
Teknik gerakan dasar karate. Gerakan dasar yang berkembang di Indonesia dalam aliran karate Sotokan yang masuk dalam organisasi bernama INKAI. Berikut teknik dasar karate yang wajib kita ketahui sebagai seorang karateka sejati.

Teknik Dasar Karate
Teknik Dasar Karate
A. Kihon, kihon adalah teknik dasar yang didalamnya terdiri dari teknik dasar macam - macam pukulan, tangkisan, dan tendangan.
  • Daichi (kuda-kuda)
  1. Kiba dachi, adalah kuda-kuda sejajar dan kedua kaki dibuka selebar dua bahu, dengan posisi kedua lutut ditekuk (rendah).
  2. Zenkutsu Dachi, adalah posisi kaki depan belakang (posisi kedua kaki tidak satu garis) lutut depan ditekuk dan kekuatan tertumpu pada kaki depan sedangkan kaki belakang tetap merupakan garis lurus dari pangkal paha sampai tumit.
  3. Kokustu Dashi, adalah kebalikan dari Zenkutsu Dashi, kaki juga depan belakang tapi posisi kedua kaki satu garis dan kaki belakang di tekuk sedangkan kaki depan tetap merupakan garis lurus dari pangkal paha sampai tumit (kekuatan tertumpu pada kaki belakang).
  • Tsuki (pukulan)
  1. Tsudan Tsuki, adalah pukulan ke depan dengan sasaran ulu hati.
  2. Jodan Tsuki, adalah pukulan ke depan dengan sasaran dagu / kepala.
  • Uke (tangkisan)
  1. Age Uki, adalah tangkisan atas, yang merupakan tangkisan untuk melindungi serangan yang mengarah ke sasaran dagu / kepala.
  2. Soto Uki, adalah tangkisan untuk melindungi diri dari serangan pukulan / tendangan yang mengarah bodi atau bagian tengah / dada.
  3. Gedan Uki, adalah tangkisan untuk melindungi serangan pukulan atau tendangan yang mengarah pada bagian bawah dan tengah.
  4. Uci Uki, adalah tangkisan untuk melindungi serangan yang mengarah ke dada/muka, gerakan ini hampir sama dengan Soto Uki cuma bedanya kalau Soto Uki dari luar di tangkis ke dalam sedangkan Uci Uki dari dalam di tangkis ke luar.
  • Geri (tendangan)
  1. Mae Geri, adalah tendangan lurusn ke depan dengan menggunakan ujung telapak kaki (seperti tombak).
  2. Yogo Geri, adalah tendangan ke samping, tengah ke samping di bagi dua;
    • Yogo Geri kekomi, adalah tendangan kesamping yang sifatnya menyodok dengan sasaran tulang rusuk dalam.
    • Yogo Geri Keage, adalah tendangan kesamping yang bentuk tekhnisnya mengipas, dan tendangan ini juga dapat digunakan sebagai tangkisan dimana arahnya tidak pada sasaran tetapi merupakan garis lengkung dari sumber ke sasaran.

B. Kata, kata adalah kombinasi dari beberapa pukulan, tangkisan dan tendangan. Kalau di pencak silat dikenal dengan jurus, misal: Jurus Bangau Garuda. begitu juga dengan karate juga mempunyai nama kata yang bermacam-macam. Artikel mengenai kata dapat anda baca di Gerakan Kata dalam Karate.

C. Kumite, adalah pertarungan atu pertandingan. Atau lebih gampangnya adalah aplikasi dari kata.

Untuk murid tingkat lanjut yang sudah menjalani beberapa tingkatan tertentu juga diajarkan untuk menggunakan senjata seperti tongkat (bo) dan ruyung (nunchaku). Semoga bermanfaat :)
Ditulis oleh: Nicko Rh

8 komentar:

Pengunjung yang baik selalu meninggalkan jejak :)